Kemegahan dan kemewahan Terminal 3 Ultimate yang baru saja boperasi menuai banyak kritik dari pengguna jasa transportasi udara, mulai dari penamaan terminal yang sama dengan terminal 3 yang ada sehingga ada beberapa penumpang yang salah tempat. Harusnya diberikan nama yang berbeda dari yang ada seperti nama terminal 3A atau diberi nama terminal 4 sehingga para penumpang tidak salah tempat
Ketidaksiapan pengoperasian Bandara Terminal 3 Ultimate juga dapat dilihat sejak dioperasikan pada hari Selasa (9/8/2016), banyak
penumpang yang mengalami keterlambatan dalam penerbangan. AP II juga belum
menyiapkan fasilitas yang memadai untuk calon penumpang seperti tempat duduk, ac yang kurang dingin, sign sangat minim sehingga banyak yang kebingungan waktu berada di dalam bandara, Bahkan pada hari pertama dioperasikan, Terminal 3 sempat mengalami mati lampu.
“Angkasa Pura belum siap dalam
pengoperasian Terminal 3 ini. Hal ini terbukti dari keluhan penumpang yang
mengeluh bahwa Angkasa Pura tidak siap karena masih ada sound system yang belum
terpasang dengan baik sehingga penumpang harus menunggu di depan gate secara
bergerombol," kata Parlindungan melalui pernyataan tertulis yang diterima, hari ini.
keterlambatan tidak hanya terjadi untuk
jadwal keberangkatan, tetapi juga jadwal kedatangan.
Contoh penerbangan dari Solo dengan transit di Jakarta yang mengalami
keterlambatan sekitar satu jam. Pesawat tersebut harus menunggu antrian
mendarat di udara, dan juga saat lamanya waktu perjalanan penumpang dari
pesawat menuju terminal kedatangan yang menggunakan bus.
Penumpang menilai Angkasa Pura II belum siap dalam proses pemindahan penumpang ke
Terminal 3 Soekarno-Hatta. Pengalihan penumpang dari Terminal 2F menuju
Terminal 3 belum didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, termasuk
petugas informasi.
Kita berharap Angkasa Pura II dan pemerintah untuk menyiapkan fasilitas yang memadai
untuk calon penumpang. Minimnya fasilitas di Terminal 3 dianggap akan merugikan
calon penumpang.
Semua pemerintah dan pihak angkasa pura lebih mempersiapkan lagi kesiapan
Terminal 3 ini sehingga dapat melayani lebih baik lagi,” ujarnya.
Semoga masukan dan kritikan penumpang bisa menjadikan Bandara Terminal 3 Ultimate bisa melakukan pembenahan secara cepat sehingga bisa memberikan layanan yang optimal bagi semua penggunan moda transportasi udara. Sinar Tour & Travel