Minggu, 29 November 2015

10 TIPS TRAVELING MURAH DAN HEMAT



Berikut 10 TIPS TRAVELING MURAH DAN HEMAT :


Menjelajahi daerah dengan melakukan traveling menjadi hal yang diimpikan oleh setiap orang. Namun, kesan traveling yang biasa diidentikkan dengan pemborosan atau kebutuhkan akan banyak uang yang sering kali membuat beberapa dari kita berpikir dua kali dan akhirnya urung melakukan traveling. Artikel ini akan membahas 10 Tips Traveling Murah dan Hemat yang akan mematahkan kesan traveling tersebut. 10 Tips Traveling Murah dan Hemat akan membantu kalian mendapatkan solusi demi mewujudkan traveling yang diimpikan.

Sebelum melaksanakan traveling, kita harus menentukan tujuan utama traveling kita. Penentuan lokasi utama dan lokasi-lokasi lain yang menjadi tujuan traveling perlu diputuskan dari jauh-jauh hari. Traveling merupakan sebuah perjalanan yang penuh dengan perencanaan dan persiapan yang matang. Untuk mewujudkan traveling yang murah dan hemat, perencanaan tujuan wisata jelas memiliki andil terhadap besar kecilnya pengeluaran yang akan dikeluarkan selama traveling.

1. Menyiapkan Tabungan
Untuk mewujudkan traveling yang murah dan hemat, menabung jelas menjadi hal utama yang perlu dilakukan sebelum traveling. Penetapan tujuan traveling jelas menjadi penentu untuk menetapkan target sampai seberapa jauh kita harus menabung. Sisihkan uang bulanan yang kita punya minimal 10% setiap bulannya. Tanpa terasa, menabung akan memudahkan terlaksananya traveling yang murah dan hemat.

2. Melakukan Planning dan Riset
Riset atau pencarian informasi merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan traveling. Lakukan riset sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan informasi mendetail tentang daerah yang akan dituju. Dengan melakukan riset, nantinya kita akan mampu menjangkau seberapa besar estimasi biaya yang dibutuhkan di daerah tujuan traveling kita nanti.

3. Booking Tiket Transportasi / Hotel dari Jauh Hari
Mem-booking dari jauh-jauh hari terbukti mampu menghemat pengeluaran traveling. Kita bisa mem-bookingbangku pesawat dan tempat penginapan dari jauh-jauh hari sebelum traveling berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kenaikan harga di dekat waktu pelaksanaan dan memungkinkan kita agar tidak kehabisan tempat saat traveling nanti.

4. Hindari Musim Liburan
Hal terbijak yang perlu dilakukan oleh traveler yang memilih traveling dengan cara murah dan hemat adalah harus menghindari musim liburan. Walau traveling biasa diidentikkan untuk mengisi waktu libur, hal ini menjadi tabu dilakukan oleh kalian yang menginginkan traveling secara murah dan hemat. Kenaikan harga dari segala aspek akan sering terjadi saat musim liburan.

5. Membuat Daftar Belanja
Ke mana pun tujuan traveling kalian, daftar belanja jelas menjadi hal penting yang harus kalian buat sebelum melakukan traveling. Buatlah daftar belanjaan serinci mungkin demi mewujudkan traveling yang murah dan hemat. Usahakan untuk tidak mengeluarkan uang untuk belanja di luar daftar belanja yang telah kalian buat. Bersikaplah disiplin!

6. Siapkan Smartphone Anda
Smartphone memungkinkan kita untuk lebih mudah mendapatkan informasi tempat2 tujuan menggunakan aplikasi smartphone selama traveling berlangsung nanti. Isi penuh kuota data pada smartphone kalian dan usahakan membawa kartu perdana cadangan untuk mencegah terjadinya gangguan akibat kesalahan jaringan pada kartu perdana lainnya. Posisikan smartphone dalam keadaan baterai yang optimal dan sangat disarankan untuk membawa charger atau powerbank untuk mencegah terjadinya kehabisan baterai.

7. Mencari Promo
Hal ini perlu dilakukan sebelum dan selama traveling berlangsung. Cari promo sebanyak-banyaknya dari smartphone maupun selebaran lain, meliputi promo penginapan, transportasi dan belanja lainnya. Adanya promo memungkinkan kalian untuk lebih menghemat pengeluaran saat belanja dan memenuhi akomodasi nantinya. Selain pengurangan harga, kalian pun berkesempatan untuk mendapatkan segala sesuatunya dengan gratis jika gesit dan beruntung.

8. Bawa Bekal Camilan dan Air Minum Pribadi
Camilan berupa snack menjadi hal wajib bawa saat kalian melaksanakan traveling yang murah dan hemat. Bawa camilan dalam skala yang tidak merepotkan saat traveling, untuk mencegah pengeluaran berlebih jika kalian lapar nanti. Kalian pun perlu membawa tumblr air minum untuk memenuhi kebutuhan minum harian kalian. Penuhi tumblr sesering mungkin di tempat-tempat kalian bisa mendapatkan air minum secara gratis.

9. Bawa Uang Receh
Uang receh jelas menjadi hal penting yang perlu ada untuk mendukung pola traveling hemat kalian. Bawa persediaan uang receh dalam skala optimal saat traveling nanti. Uang receh ini akan memudahkan kalian selama traveling untuk membayar parkir, toilet, angkutan umum, dan hal-hal tak terduga lainnya yang mengharuskan kalian untuk mempunyai persediaan uang receh.

10. Berkenalan dengan Masyarakat Setempat
Selain untuk menambah relasi dan wawasan budaya kalian, berkenalan dengan masyarakat setempat akan membantu kalian menekan pengeluaran dari segi akomodasi. Berkenalan dengan masyarakat setempat memungkinkan kalian untuk mendapatkan informasi mendetail tentang tempat-tempat penginapan murah dan lainnya. Bahkan jika beruntung, kalian bisa mendapatkan makan dan tempat penginapan gratis di rumah mereka.

Demikian informasi mengenai tips melakukan travelling secara hemat | Sinar Tour Travel


Sumber : Bentang Nusantara