Minggu, 18 Oktober 2015

Perbedaan Kereta Api Class Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif




Kereta Api sebagai angkutan masal selain murah, kereta api juga memiliki kelebihan lain yaitu cenderung lebih aman dibandingkan angkutan lain, lebih nyaman dan lebih cepat. Daya angkut kereta api jauh lebih besar dibandingkan angkutan lainnya. Kereta api dalam 1 kali perjalanan mampu mengangkut ratusan penumpang.

Berdasarkan jenis kelas kereta api terbagi menjadi 3 yaitu kereta api Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif. Ketiga jenis ini memiliki kesamaan yaitu semuanya dilengkapi dengan sistem AC. Seluruh jenis kereta api melarang ada asap rokok di dalam gerbong. Selain itu juga dilarang ada pedagang asongan masuk ke dalam gerbong.

Perbedaan dari ketiga jenis kereta api ini, yaitu : 

Perbedaan harga tiket

Harga tiket kereta eksekutif terpaut cukup jauh nilainya dibanding 2 jenis kereta lainnya. Bahkan harga tiketnya hampir sama dengan harga tiket pesawat udara.
Perbedaan kualitas AC

Jika diurutkan berdasarkan kualitas AC, maka urutan dari yang terbaik adalah eksekutif, bisnis dan ekonomi. Tetapi ada kereta Ekonomi yang kualitas AC nya justru lebih nyaman dibandingkan kereta api bisnis. Di kereta eksekutif disediakan selimut dan bantal gratis. Untuk perjalanan malam hari gerbong kereta api eksekutif terasa dingin sekali, sehingga selimut cukup nyaman digunakan.
Perbedaan kualitas tempat duduk

Susunan tempat duduk kereta eksekutif dan bisnis 2-2, kereta ekonomi 2-3 dan 3-3. Kualitas kursi eksekutif cukup empuk, bisa di rotasi, bisa diatur kemiringannya. Kursi kereta bisnis agak empuk, dilapis jenis kulit imitasi, hanya bisa diubah arah hadapnya. Sedangkan kursi ekonomi, kursi tidak empuk alias keras, sempit, tidak bisa diubah arah hadapnya karena posisi penumpangnya saling berhadapan. 

Perbedaan kecepatan atau waktu tempuh

Kereta api eksekutif lebih cepat karena tidak semua stasiun disinggahi. Jika pada posisi bersamaan kereta lain harus mengalah untuk mendahulukan kereta eksekutif lewat. 

Perbedaan kenyamanan dalam perjalanan

Nuansa ruang dalam gerbong eksekutif cukup nyaman dan bersih. Dilengkapi gordin dan sun shading pelindung dari silau sinar matahari. 

Perbedaan stasiun yang disinggahi

Di beberapa kota, stasiun untuk kereta api eksekutif dibedakan dengan kereta ekonomi. Misalnya di Yogyakarta untuk eksekutif di Stasiun Tugu, sedangkan layanan untuk kereta ekonomi di Stasiun Lempuyangan. Di Jakarta kereta eksekutif di stasiun Gambir sedangkan ekonomi di Stasiun Pasar Senen. Di Solo, kereta eksekutif di Stasiun Solo Balapan, sedangkan ekonomi di Stasiun Purwosari.


Dalam satu rangkaian kereta api ada juga kombinasi kelas tiket yaitu kelas eksekutif dan kelas bisnis seperti KA Gumarang jurusan Jakarta – Surabaya. KA Sancaka jurusan Yogyakarta – Surabaya. Bahkan ada kereta api dalam satu rangkaian terdapat seluruh kelas seperti KA Harina yang memiliki rute Banding – Surabaya. Ciri kereta api yang murni memiliki rangkaian eksekutif yaitu memiliki imbuhan nama Argo seperti Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Sindoro, dll. Selain yang memiliki imbuhan Argo, tetapi seluruh rangkaiannya kelas eksekutif adalah KA Sembrani, KA Bima, dll.

Demikian informasi mengenai Perbedaan Kereta Api Class Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif | Sinar Tour Travel