Minggu, 09 Agustus 2015

Proses Booking dan Issued Tiket

Pengertian Booking Tiket Pesawat :
BOOKING berati pemesanan, berhubungan dengan tiket pesawat terbang, booking tiket berarti proses pemesanan tiket pesawat untuk seseorang atau orang lain dengan rute dan tanggal yang sudah ditentukan oleh calon penumpang dengan waktu booking tertentu antara 1-3 jam (time limit). Untuk tiket pesawat, seseorang yang melakukan proses booking tidak dikenakan biaya apapun, tujuan melakukan proses booking ini adalah untuk mendapatkan seat dan harga yang pasti. Jika kita tidak melakukan proses booking dan hanya sekedar bertanya harga, otomatis harga yang diberikan saat kita bertanya belum tentu sama dengan harga 1, 2, 3 jam kedepannya atau bahkan 1, 2, 3 hari kedepannya, namun jika kita sudah booking, otomatis harga pada saat itu sudah kita dapatkan tanpa akan berubah nantinya.
Contoh : Pagi hari si A menanyakan harga tiket JKT-SUB pada sebuah travel agent, saat itu harga yang diberikan adalah 450.000, namun si A tidak melakukan booking dengan alasan ingin konsultasi dulu dengan istri. Setelah konsultasi dengan istri dan si istri setuju dengan harga tersebut, si A kembali ke travel agent untuk membeli tiket, saat ditanya harga tiket ternyata harga 450.000 sudah tidak ada lagi dan harga baru adalah 525.000. Nah, sayang bukan?...seandainya saja si A melakukan booking terlebih dahulu baru berkonsultasi dengan sang istri, tentunya harga 450.000 sudah pasti didapat, toh jika sudah booking dan ternyata si istri tidak setuju gak jadi masalah kok, booking tiket kan gak bayar
Pengertian Issued Tiket Pesawat :
ISSUED tiket berarti diterbitkan atau dicetak atau dikeluarkan sebuah tiket pesawat. Proses issued tiket diawali terlebih dahulu dengan proses booking tiket. Kapan dilakukan proses issued tiket pesawat ? Proses issued tiket pesawat bisa dilakukan langsung setelah selesai proses booking ataupun sebelum timelimit booking habis. Beda dengan booking tiket, issued tiket mengeluarkan biaya, biaya yang dikeluarkan adalah sebesar harga tiket yang di issued/cetak tentunya. Proses issued dilakukan oleh travel agent atau maskapai penerbangan berdasarkan permintaan calon penumpang berdasarkan data booking yang sudah dilakukan sebelumnya. Harap diingat, tiket yang sudah di issued tidak bisa dirubah nama lagi, jadi harap diperhatikan benar benar pada saat booking untuk memberikan nama penumpang yang berangkat sesuai dengan tanda pengenalnya. Proses issued adalah proses akhir ketika membeli tiket, jika proses issued selesai, kita tinggal membayar sebesar harga tiket dan tiket pesawat sudah kita kantongi.
Semoga informasi mengenai booking dan issued bisa membantu bagi teman-teman yang baru pertama kali transaksi dengan agen travel untuk pembelian tiket pesawat.